Memulai usaha tanpa modal sepeserpun bukan tidak mungkin, siapapun bisa termasuk anda. Jika uang yang bukan prioritas modal anda untuk berwirausaha, maka segala sumber daya, kreativitas, tenaga dan aset kekayaan yang anda miliki adalah modal usaha  yang nilainya melebihi dari hanya sekedar uang.

Daftar Peluang Usaha Tanpa Modal Sepeserpun, Langsung Berpenghasilan

Daftar usaha berikut ini sengaja kami sampaikan yang mudah dilakukan , sehingga peluang usaha ini mencapai sukses dengan mudah.

1. Makelar

Makelar adalah suatu bentuk usaha dimana kita menjualkan barang orang lain kemudian mengambil keuntungan dari penjualan tersebut.

Banyak barang yang bisa kita jualkan, misalnya tanah, kendaraan bermotor, rumah, ruko, barang bekas,  dan barang apa saja yang dapat dijual bisa kita jualkan (makelarkan).

Modal utama seorang makelar bukan selalu uang, namun modalnya adalah koneksi dan kepercayaan.

Koneksi dalam artian kita bisa mengakses barang tersebut (barang yang akan kita jual/pemilik barang).

Kepercayaan dari pemilik barang dan pembeli, karena kadang barang yang yang akan kita jualkan tersebut belum di tangan kita.

Keuntungan dari seorang makelar tergantung dari persentase penjualan dan bisa juga tergantung dari negoisasi antara makelar dengan pemilik barang. Biasanya sekitar minimal 3% hingga tak terbatas. Yang penting adalah kita harus pintar-pintar mencari barang dengan harga lebih murah dari pasaran sehingga kita mudah untuk menjualnya.

2. Usaha perantara dagang

Usaha perantara dagang yang saya tekankan disini adalah menjadikan diri anda sebagai perantara antara pedagang grosir ataupun produsen suatu produk dengan penjual ritel

Anda dapat memulai usaha ini dengan dua kemungkinan cara paling mungkin , nama dengan 1 prinsip dasar yang sama.

Cara pertama : jika di sekitar tempat tinggal Anda atau disekitar tempat anda bekerja terdapat produsen atau pedagang grosir, Anda cukup mendatangi produsen/pedagang tersebut kemudian Anda tawarkan untuk menjualkan barangnya.

Cara kedua : jika anda mengetahui ada sebuah atau beberapa toko ritel yang pengunjungnya cukup ramai atau perputaran usahanya cukup bagus, Anda cukup melihat apa yang kurang dari toko tersebut kemudian mengisinya dengan produk anda. Yang saya maksud dengan produk Anda disini carikanlah produsen atau pedagang grosir yang memiliki produk tersebut.

Cara pertama dan cara kedua memang terlihat sepintas berbeda, namun satu prinsip yang sama adalah Anda cukup melihat peluang usaha yang dapat anda jalani yang ada di antara para pebisnis/pengusaha tersebut.

Mungkin anda berpikir seolah-olah peluang usaha sebagai perantara dagang ini hampir mirip dengan makelar, tapi perbedaan mendasar adalah segmen yang dituju. Jika seorang makelar hanya perantara antara customer dengan customer , dalam artian orang yang ingin menjualkan barang dan orang yang ingin membeli barang. Sedangkan perantara dagang lebih berfokus pada penjembatan antara para pebisnis dalam artian produsen atau pedagang grosir dengan pedagang ritel.

Jika seorang makelar hanya mampu menjual beberapa barang dalam satu waktu, seorang perantara dagang dapat menjual dengan kuantitas yang cukup banyak dan dan yang patut digarisbawahi adalah penjualan tersebut akan bersifat kontinyu atau berkelanjutan.

Jika anda ingin menjadikan ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan cukup satu langkah yang perlu Anda lakukan, lihat sekeliling anda, amati apa yang bisa ada isi / supplai, jalani. Lakukan sekarang

3. Menjual barang second

Di zaman sekarang ini tidak semua hal harus baru. Ada beberapa orang yang lebih memilih untuk membeli barang seken (bekas pakai) dengan berbagai pertimbangan masing-masing.

Beberapa orang membeli produk second karena harganya yang cukup miring (mungkin lebih tepatnya kantong pas-pasan) apapun mungkin karena fase penggunaannya hanya sebentar. Tujuan ini dapat anda manfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

Beberapa jenis barang seken yang laris manis dijual antara lain :

  1. Kendaraan bermotor
  2. Smartphone dan gadget
  3. Peralatan elektronik
  4. Peralatan rumah tangga
  5. Baju bekas pakai
  6. Tas ori branded

Untuk strategi penjualannya Anda dapat menjual secara online maupun offline. Untuk penjualan offline Anda bisa menjual ke teman atau tetangga anda, sedangkan untuk penjualan online saat ini sudah banyak marketplace fokus pada barang seken maupun marketplace besar yang menyediakan opsi menjual barang bekas pakai.

Peluang usaha menjual barang bekas tentu membutuhkan suplai barang yang bagus dan stabil , tugas anda adalah bagaimana menciptakan suplai barang yang stabil tersebut. Cari tahu selengkapnya dalam artikel berikut ini.

4. Membuka jasa pijat

Jika anda memiliki kemampuan untuk memijat, jadikan skill memijat Anda tersebut sebagai modal usaha anda. Sepertinya kami tidak perlu menjelaskan bagaimana memijat sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Yang perlu kami tekankan hanya bagaimana anda dapat mempromosikan kemampuan anda dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

Jika memang kemampuan memijat yang anda miliki berakhir dengan banyak orang yang merasa puas maka berita tersebut akan terus berkembang dan tersebar. Ditambah lagi jika anda memiliki kemampuan promosi dan soft selling yang bagus maka uang akan terus mendatangi anda.

Terlebih jika Anda menawarkan pilihan tambahan dalam jasa pijat Anda, mungkin produk turunan atau servis tambahan , maka keuntungan Anda akan lebih berlipat. Produk turunan misalkan minyak urut dan minyak terapi

5. Penjaga odong-odong

Seperti sudah saya singgung sedikit di homepage usaha tanpa modal , penjaga odong-odong jarang dilirik orang karena terkesan jadi kelas rendahan. jarang orang yang tahu bahwa pekerjaan ini berpeluang menghasilkan uang yang lebih dari gaji pekerja pabrikan.

Namun jika kita berniat usaha dengan sepenuh hati dah berniat diri untuk memberi kebahagiaan pada sank kecil maka usaha kita akan memiliki nilai tambah sebagai ibadah. bekerja sambil beribadah tentu akan memberi nila lebih dalam setiap langkah kita.

Pun tidak sulit untuk menjalani usaha ini karena tidak dibutuhkan skill khusus untuk menjalankannya. Kita tinggal mencari boss / pemilik yang boleh kita sewa atau kita jalankan usahanya. Tiap orang biasanya punya peraturan tersendiri. Ada yang bersifat setor harian ada pula yang bulanan dengan nominal tertentu.

Kunci sukses usaha ini adalah penentuan tempat mangkal yang ramai dan banyak terdapat anak-anak, karena segmen pasarnya memang anak anak.

6. Usaha catering pesanan

Anda suka memasak , atau memang saat ini bekerja sebagai chef di restoran. Pernah gak kepikiran bakal nambah penghasilan dengan cara yang cukup mudah , cukup dengan memasak.

Jika kita melihat wall beranda sosmed kita , sepertinya tak pernah lepas dari yang namanya makanan. Entah tetangga sedang coba resep masak baru atau iklan fanpage yang mengajak untuk mengikuti / follow.

Manusia memang tak pernah lupa dengan perut , makanya makanan adalah satu prospek yang sangat menjanjikan untuk digeluti sebagai usaha.

Usaha catering pesanan tak membutuhkan modal besar karena modal terbesar sudah anda miliki , modal Ketrampilan memasak , baik itu Cake , jajanan, nasi kotak, masakan nusantara, western food, seafood ataupun masakan lainnya. Anda cukup meminta DP yang dapat anda buat belanja bahan masakan dan sisa pembayaran setelah pesanan dikirim ke pelanggan. Mudah bukan.

Memulai usaha ini pun sangat mudah, sering-seringlah posting makanan kreasi anda di beranda facebook, status WA ataupun IG anda dan social media milik anda lainnya. Biarkan konsumen melihat hasil karya dan memesan makanan ke Anda.

7. Usaha potong rambut

Jika saat ini Anda sedang bekerja dan jam kerja anda pada siang hari , maka usaha potong rambut juga dapat anda lakukan sebagai contoh peluang usaha tanpa modal sepeserpun yang dapat dilakukan pada sore hari dan saat hari libur.

Berbekal gunting, sisir dan kaca / cermin , anda sudah dapat memulai usaha ini. Bekal yang lain adalah kemampuan memangkas rambut dan feeling seni yang baik.

Jiika saat ini Anda belum memiliki skill pangkas rammbut yang baik , Anda dapat memulai dengan les prifat ke salon yang menyediakan jasa private kemudian memotong rambut anggota keluarga anda sebagai trial (Belajar gratis , hehehe)

8. Ojek pangkalan

Jika rumah Anda dekat dengan jalan raya dan atau dekat dengan tempat pemberhentian bus dan angkutan umum , maka jasa ojek pangkalan dapat menjadi usaha sampingan bagi keluarga anda.

Buka usaha ojek pangkalan cukup dengan tulisan , OJEK , tanpa Ba Bi Bu , semua orang tahu apa yang anda tawarkan

Dengan berbekal tulisan terima ojek , anda bisa mendapat penghasilan tambahan. Bermodal sepeda motor yang ada dirumah , ojek pangkalan sudah dapat dijalankan.

9. Usaha permak jeans / levis

Jika anda memiliki peralatan menjahit di rumah , sesungguhnya anda sudah memiliki modal usaha yang cukup bagus, anda hanya butuh satu model tambahan yaitu sebuah keterampilan menjahit.

apakah anda sudah memiliki keterampilan menjahit saat ini?

jika saat ini anda sudah memiliki keterampilan menjahit maka anda cukup membuat sebuah banner dengan Mama sandi toko pembuatan banner atau jika anda tidak ingin membuat banner anda bisa membuatnya sendiri dari peralatan yang ada di rumah, mungkin menggunakan papan ataupun menggunakan kain yang kemudian dicat atau disablon.

Anda sudah bisa menjalankan usaha permak jeans / Levi’s tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *